Kamis, 07 Maret 2013

Pembagian Pengetahuan

Sebelum masuk kedalam pembagian pengetahuan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian pengetahuan tersebut.

Pengetahuan secara umum berarti Segala sesuatu yang sudah kita ketahui.
Sebagai contoh : Kita tahu pena untuk menulis, piring sebagai sarana untuk makan, rumah sebagai tempat tinggal, dll berarti kita sudah berpengetahuan tentang itu. Namun pengetahuan itu hanya sebatas pengetahuan indra.

Berikut dibawah ini dijelaskan pembagian atau tingkatan pengetahuan dan keakuratannya.

1. Pengetahuan Indra
Pengetahuan Indra adalah Hasil dari suatu pekerjaan kita ; melihat, mendengar, mencium, merasa, meraba (disebut : panca indra) terhadap segala sesuatu yang ada di alam ini.
Pengetahuan indra nilai kebenarannya tidak begitu akurat, dalam hal melihat umpamanya kita melihat bintang dimalam hari ukurannya kecil tetapi sebenarnya ukuran bintang itu sangat besar, dll.

2. Pengetahuan Ilmu
Pengetahuan ilmu adalah Hasil dari pekerjaan menyelidiki segala sesuatu yang bersifat empiris (dapat dilihat panca indera secara langsung atau tidak) secara sistematis dan objektif.
Pengetahuan ilmu bertujuan untuk mencari kebenaran, karena bila mencari kebenaran hanya lewat pengetahuan indera belum begitu faktual.

3. Pengetahuan Filsafat
Pengetahuan Filsafat adalah Hasil dari pekerjaan memikirkan, merenungkan secara mendalam terhadap segala sesuatu yang ada di Alam ini sampai ke urat akarnya. Filsafat, mengerjakan segala sesuatu yang tidak nampak, dimana ilmu berhenti disitu filsafat dimulai.

4. Pengetahuan Agama
Pengetahuan Agama adalah bersumber dari wahyu yang diberikan Allah kepada para nabi dan rasul serta kebenarannya berlaku mutlak.
berlaku mutlak berarti tidak bisa diganggu gugat/tetap/konstan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger