Senin, 16 April 2012

Ayo Bergerak

Jangan bergerak ! Apa yang anda bayangkan jika membaca atau mendengar kata-kata tersebut? Pasti yang terbayang seorang penjahat sedang menodongkan pistolnya ke arah korban. Lalu, dia meminta uang atau barang. Dia melarang sang korban bergerak. Jika bergerak atau melawan, dia mengancam akan menembaknya. Dalam konteks ini, bergerak berarti negatif, bahkan berbahaya.

Padahal, bergerak itu penting dan positif. Orang yang tidak mau bergerak, misalnya duduk-duduk saja, justru membahayakan dirinya. Tak percaya? Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang banyak menghabiskan waktunya dalam posisi duduk terancam mengalami peningkatan berat badan, terkena serangan jantung, bahkan mengalami kematian.

"Setelah anda duduk empat jam, tubuh anda akan mengirimkan sinyal-sinyal tanda bahaya," kata Elin Ekblombak, ahli kesehatan dari Swedish School of sport and Health Sciences. Dikatakan, akibat terlalu banyak duduk, sel-sel yang mengatur kadar glukosa dan lemak dalam tubuh mulai tidak berfungsi.

Ahli fisik dari WHO, Tim Amstrong, juga menyarankan mereka yang terpaksa bekerja dengan duduk dalam waktu lama untuk berolahraga setiap hari, misalnya berdiri sejenak, menggerakkan badan dan kaki, jangan duduk yterus menerus.

Bergerak juga bisa berarti bergeser, berubah, atau dinamis. Tidak mandek. Tidak statis. Orang di dalam air tidak tenggelam karena dia bergerak dengan cara berenang. Orang-orang sukses di bidang apapun adalah orang-orang yang bergerak. Jadi, bergerak itu positif. Jangan diam saja, ayo bergerak !

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger