Senin, 23 April 2012

Pisau Berkarat

Di dapur sebuah rumah kosong yang sejak sembilan bulan lalu ditinggalkan penghuninya ditemukan sebilah pisau dalam keadaan berkarat. Seseorang mencoba untuk membersihkan pisau itu dan mengasahnya. Hampir seharian ia membersihkan dan mengasah pisau itu agar dapat digunakan kembali, misalnya untuk menghapus bawang atau memotong tomat dan wortel. 

 Di belakang rumah kosong itu, ditemukan pula sebilah pisau di bawah timbunan tanah. pisau itu tidak hanya sangat berkarat, tetapi juga sudah tidak dapat digunakan kembali. tampaknya pisau itu telah bertahun-tahun tidak difungsikan dan terpendam di dalam tanah, sehingga menjadi besi tua. 

Otak manusia juga bisa berakhir seperti pisau yang sudah sangat berkarat itu jika tidak digunakan untuk berpikir, sehingga menjadi tumpul, lemah, dan akhirnya bebal alias bodoh.

 Jadi, semakin sering kita menggunakan otak untuk berpikir, otak akan terasah, semakin cerdas, dan pandai. Gunakan selalu otak untuk berpikir, jangan diamkan sehingga bernasib malang seperti pisau dapur yang berkarat !

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger