Rabu, 18 April 2012

Jagalah Ucapanmu

Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak dapat hidup sendiri memenuhi kebutuhan hidupnya, jangankan untuk makan dan minum, untuk senyum saja kita butuh orang lain. Coba saja senyum-senyum sendiri orang bakalan nyangka kalau kita gila, hehe.. itu buktinya betapa kita sangat butuh orang dalam kehidupan ini.

Sebagai makhluk sosial sudah barang tentu kita berinteraksi dengan manusia lainnya, baik itu orang yang kita kenal, seperti Keluarga, teman dan lain-lain atau orang yang baru kita kenal ataupun orang lain yang tidak kita kenal.

Dalam berinteraksi tersebut, harus punya etika dan akhlak. Salah satunya adalah dengan menjaga ucapan kita, maksudnya adalah menjaga ucapan yang dapat membuat orang lain tersinggung dan menyebabkan hubungan baik kita dengan dia terputus, kalau dulu jadi kawan sekarang jadi lawan.

Ingat !! kata pepatah : “Seribu teman itu masih kurang, tetapi satu musuh sudah terlalu banyak.” Kalau rasanya ucapan kita tidak membawa manfaat atau malah membuat suasana kisruh tentu lebih baik diam. Lebih baik kita banyak mendengar dari pada banyak berbicara, ini sebenarnya mengapa Tuhan menciptakan kita dengan dua telinga dan satu mata.

Terkadang, becanda dengan teman yang biasa dengan kita pun harus menjaga ucapan, jangan becanda lepas kontrol walaupun maksud kita bukan untuk merendahkan dia, tetapi disinilah terkadang manusia cepat tersinggung dan membawa hubungan menjadi runyam.

Karena manusia tidak selamanya berada dalam suasana gembira, pasti ada saat-saat dimana  kita bersedih dan tertimpa masalah, mungkin di saat kita becanda kondisinya sedang banyak masalah bukannya senyum yang diberikan kepada kita tapi bisa saja seucap kata kasar yang belum pernah kita dengar sebelumnya dari mulutnya. 

Dari itu sahabatku, Jagalah Ucapanmu !!! Bicara itu perak , diam itu emas.. dan kita tahu bahwa emas itu lebih berharga dari pada perak.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger