Kamis, 26 April 2012

Cinta Mati

Saya tidak tahu apa sesungguhnya maksud "cinta mati". Istilah ini sering kali digunakan dalam percakapan sehari-hari; untuk judul lagu, fiksi, atau karya seni lainnya. Seperti apakah gambaran nyatanya? Apakah seperti kisah Romeo and Juliet yang memilih mati bersama karena saling mencintai dalam drama tragedi karya pujangga besar William Shakespeare?

Semoga buka itu maksudnya sehingga tidak ada sepasang kekasih yang mati bersama. Juga, jangan ada suami-istri yang memilih mati bersama-bagaimana nasib anak-anak yang ditinggalkan? Bukankah Romeo dan Juliet hanya sandiwara, yang oleh penyair Chairil Anwar dalam sajaknya diragukan, "Kita tidak tahu apakah Romeo dan Juliet berpeluk di kubur atau di ranjang?"

Istilah "cinta mati" barangkali hanyalah hiperbola bagi orang yang sangat mencintai seseorang; entah kekasih, entah pasangan. Cinta mati artinya ia mencintai orang itu hingga yang bersangkutan menemui ajalnya-tanpa harus ikut mati.

Boleh jadi, cinta mati adalah lambang kesetiaan-kecuali maut yang memisahkan-tanpa secuil pun pengkhianatan. Bersyukurlah jika Anda cinta mati terhadap pasangan hidup Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger